head

Arsip Blog

Sabtu, 22 Januari 2011

Penemu Radioaktivitas

Antoine Henri Becquerel (lahir di Paris, 15 Desember 1852 – meninggal di Le Croisic, 25 Agustus 1908 pada umur 55 tahun) adalah salah seorang fisikawan asal Perancis yang menemukan radioaktivitas. Namanya digunakan untuk satuan radioaktivitas.

http://www.lessignets.com/signetsdiane/calendrier/images/mars/2/Henri_Becquerel.jpg

Becquerel terlahir dari keluarga yang menelurkan 4 generasi ilmuwan, termasuk putranya sendiri Jean. Henri Becquerel belajar ilmu pengetahuan alam di École Polytechnique dan teknik di École des Ponts et Chaussées. Pada tahun 1890, ia menikah dengan Louise Désirée Lorieux.

http://reich-chemistry.wikispaces.com/file/view/4rads.gif/45042811/4rads.gif

Pada tahun 1892, ia menjadi orang ke-3 di keluarganya yang menduduki kursi fisika di Muséum National d'Histoire Naturelle. Pada tahun 1894, ia menjadi ketua insinyur di Departemen Jembatan dan Jalan Raya. Pada tahun 1896, ketika mengamati fosforesensi garam uranium, tanpa sengaja Becquerel menemukan radioaktivitas. Meneliti karya Wilhelm Conrad Röntgen, Becquerel mengurung zat yang berpijar, kalium uranil sulfat, dalam pelat foto dan bahan hitam untuk mempersiapkan penelitian yang memerlukan cahaya terang.

http://www.chemcool.com/biography/becquerel.jpg

Namun, sebelum melakukan penelitian, Becquerel menemukan pelat foto itu itu sudah terpajan, menunjukkan gambaran zat. Penemuan itu membuatnya meneliti emisi spontan radiasi nuklir. Pada tahun 1903, ia menerima Nobel Fisika dengan Pierre dan Marie Curie dalam pengakuan jasa luar biasa yang telah dilakukannya dengan penemuan radioaktivitas spontan.

sumber:http://eksplorasi-dunia.blogspot.com/2010/04/antoine-henri-becquerel-si-penemu.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

iklan