head

Arsip Blog

Kamis, 13 Januari 2011

Hiii...Mesin ATM Sama Kotor dengan Toilet Umum

Detail Berita


TAHUKAH Anda bahwa ternyata mesin ATM (anjungan tunai mandiri) sama kotornya seperti toilet umum. Menurut sebuah pengujian, mesin ATM membawa bakteri penyakit.

Dalam rangka melakukan pengujian, para ahli mengambil sampel usapan dari tombol numerik mesin ATM di pusat kota Inggris, salah satu ATM tersibuk yang digunakan ribuan orang setiap hari. Mereka kemudian mengambil sampel serupa dari dudukan toilet umum terdekat dan membandingkan bakteri keduanya dengan mikroskop laboratorium.

Sampel itu dibiarkan tumbuh semalaman. Hasilnya, kedua sampel mengandung pseudomonas dan basil, bakteri yang diketahui menyebabkan diare. Demikian dilansir Telegraph, Rabu (12/1/2011).

''Kami tertarik untuk membandingkan tingkat kontaminasi bakteri mesin ATM dan toilet umum sebagai fasilitas yang sering digunakan,” kata Dr Richard Hastings, ahli mikrobiologi BioCote Ltd, perusahaan produk antimikroba.

''Kami terkejut dengan temuan karena ternyata mesin ATM terbukti sangat terkontaminasi dengan bakteri, sama seperti toilet umum. Selain itu, bakteri yang terdeteksi di mesin ATM mirip dengan yang terdapat di toilet, yang dikenal sebagai pemicu penyakit secara umum,'' paparnya.

BioCote melakukan tes ini setelah mereka melakukan survei terhadap 3 ribu orang dewasa di Inggris yang mengungkap bahwa toilet umum menjadi risiko kesehatan terbesar, selain telepon umum, halte bus, dan stasiun kereta.

“Telepon umum dapat menjadi tempat pertumbuhan kuman dan kotoran. Bukan saja fasilitas ini ditangani orang yang berbeda setiap hari, gagang teleponnya juga dekat dengan hidung dan mulut banyak orang,” jelas Dr Richard.

“Terdengar ironis karena saat kebanyakan orang menganggap telepon dan toilet umum adalah tempat paling kotor, ternyata percobaan kami menunjukkan bahwa mesin ATM pun sama kotornya,'' tukas Dr Richard.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

iklan