head

Minggu, 06 Februari 2011

negara termiskin di dunia


Siapakah 50 Negara Termiskin di dunia?


Menurut PBB daftar negara-negara kurang berkembanga dalah negara termiskin di dunia.
Afghanistan, Angola, Bangladesh, Benin, Bhutan, Burkina Faso, Burundi, Kamboja, Cape Verde, Republik Afrika Tengah, Chad, Komoro, Republik Demokratik Kongo, Djibouti, Equatorial Guinea, Eritrea, Ethiopia, Gambia, Guinea, Guinea-Bissau, Haiti, Kiribati, Laos, Lesotho, Liberia, Madagaskar, Malawi, Maldives, Mali, Mauritania, Mozambique, Myanmar, Nepal, Niger, Rwanda, Samoa, Sao Tome dan Principe, Senegal, Sierra Leone, Kepulauan Solomon, Somalia, Sudan, Timur Timor, Togo, Tuvalu, Uganda, Tanzania, Vanuatu, Yemen, Zambia.

Kecenderungan di antara negara-negara termiskin di dunia

Pada paruh kedua tahun 1990-an rata-rata pendapatan per kapita di negara-negara termiskin di dunia, bila diukur dari segi harga saat ini dan nilai tukar resmi, adalah $ 0,72 per hari dan rata-rata konsumsi per kapita adalah $ 0,57 per hari. Ini berarti bahwa rata-rata hanya ada $ 0,15 hari per orang untuk dibelanjakan pada pembentukan modal swasta, investasi publik dalam infrastruktur, dan pelaksanaan pelayanan publik yang vital, termasuk kesehatan, pendidikan, administrasi, dan hukum dan ketertiban.

Pada tahun 2001, 34% dari populasi berusia antara 15 dan 24 adalah buta huruf di negara-negara termiskin.

Sekitar 60% dari negara-negara termiskin mengalami konflik sipil dari berbagai intensitas dan durasi pada periode 1990-2001 itu, dalam banyak kasus, meletus setelah periode stagnasi ekonomi dan regresi. Di Rwanda, misalnya, konsumsi swasta rata-rata per kapita turun lebih dari 12% antara tahun 1980 dan 1993, tahun sebelum genosida terjadi.
1. PBB mengelompokkan negara sebagai "terbelakang" termiskin di dunia berdasarkan tiga kriteria:
(1) tahunan produk domestik bruto (PDB) di bawah $ 900 per kapita,
(2) kualitas hidup, berdasarkan harapan hidup saat kelahiran, per asupan kalori kapita, primer dan sekolah menengah tingkat pendaftaran, dan keaksaraan dewasa, dan
(3) kerentanan ekonomi, berdasarkan ketidakstabilan produksi pertanian dan ekspor, diversifikasi tidak memadai, dan kecilnya ekonomi. Setengah atau lebih dari populasi di 50 negara-negara berkembang yang tercantum di atas diperkirakan hidup pada atau di bawah garis kemiskinan absolut sebesar US $ 1 per hari.

sumber : http://michaelyani.blogspot.com/2010/05/negara-termiskin-di-dunia.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

iklan